احِب الله ورسوله

Rabu, 07 Maret 2012

Mengapa Menghafal Al Qur'an..? (2)

Nah, yuk kita lanjutkaann …
! Memperbaiki semua sisi kehidupan kita. Akhlak, komunikasi, kebahagiaan, interaksi dengan orang lain

Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Al Qur’an berisi petunjuk, peringatan, penjelas.. ketika semakin dalam kita mempelajari, memahami, dan menguasai ilmu-ilmu Al Qur’an maka akan semakin tertantang untuk terus memperbaiki diri kita, Al Qur’an juga mencegah kita untuk berbuat kemunkaran, maksiat.. jadi kehidupan kita akan lebih terjaga dan aman dengan Al Qur’an.

! Al-Qur’an mengobati penyakit fisik dan psikis kita

Dalam Al Qur’an Allah berfirman bahwasanya Allah menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk dan obat bagi orang-orang yang beriman..


Hmm, disini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya, waktu itu siang hari ketika saya masih kecil (lupa usianya, hehe) saya kangen sekali dengan salah seorang ‘mbak’ yang dulu pernah tinggal dirumah. Akhirnya saya mengambil hp ibu, mencari nomor telfon mbaknya dan mengirim sms –karena waktu itu saya masih kecil berpikiran kalo telfon lewat hp mahal sekali, akhirnya hanya berani sms- dan bilang saya ingin ketemu, kangen sekali. Sampai – sampai waktu itu saya menangis saking kangennya, hehe. Rumah mbak lumayan jauh. Mungkin sekitar 2 sampai 3 jam dari rumah sehingga tidak mungkin mbak nya langsung begitu saja dating ke rumah, karena saya terus memaksa akhirnya mbak member saran ke saya, yang pertama disuruh wudhu akan tetapi belum berhasil.. perasaan kangen itu belum terbendung #maklum, masih kecil dan dulu dekaatt sekali#
Dan saran yang kedua saya disuruh mengambil Al Qur’an.. buat apa? Ya dibacalah! Awalnya saya nggak mau ngikutin saranya tapi gatau kenapa akhirnya saya melakukan.. membaca Al Qur’an sambil menangis #karena menahan rasa kangen# satu halaman.. dua halaman.. dua lembar, perlahan kangen itu mulai reda.. meskipun tidak hilang tapi setidaknya terasa lebih tenang, mulai saat itu saya selalu melakukan itu ketika sedang gelisah, atau kangen rumah, atau siapapun… nasehat itu tidak akan pernah lewat begitu saja.. sangat berguna sekali bagi seorang yang tinggal di pesantren seperti saya, yang kangenan hehe.

! Membuat waktu kita lebih produktif. Tidak ada waktu terbuang dan hidup ini tidak membosankan

Benarkahh? Yup, tentunya! Seorang yang hafal Al Qur’an baginya tidak ada waktu terlewati yang sia-sia karena semua waktu kosongnya terus digunakan untuk  tadarrus Al Qur’an, mentadabburi, memuraja’ah hafalanya.. ilmu Allah itu sangat luas sekali, ketika kita terus mendalami ilmu-ilmu yang ada dalam Al Qur’an maka kita akan banyak mendapatkan  ilmu-ilmu baru yang membuat hidup kita tidak membosankan bukan?

! Al Qur’an adalah landasan hidup kita
       
Landasan hidup bagaikan pondasi yang akan selalu menguatkan hidup kita, jika pondasi kita sudah kuat maka Insya Allah dengan mudahnya kita akan menyerap ilmu yang lain, ilmu dunia.. jadi, bangun landasan dulu sebelum kita belajar ilmu-ilmu yang lain karena landasan itu akan memudahkan kita J juga tidak mungkin ketika akan melakukan suatu hal tidak dimulai dari dasar.. tidak mungkin ada pohon yang dapat hidup, pohon yang kokoh tanpa adanya akar yang kokoh pula.



0 komentar:

Posting Komentar